Singapore 2011: Choa Chu Kang – Jurong Bird Park – Geylang (Day 2)

Jurong Bird Park
Jurong Bird Park

Setelah istirahat seharian, Alhamdulillah demam anak-anak mulai menurun. Jadi kita menyusun acara hari ini ke Jurong Bird Park selama setengah hari, karena sorenya kita sudah harus pindah dari apartemen ke hotel Fragrance di daerah Geylang. Pagi jam 9 kita turun dari apartemen dan cari sarapan dulu di Mall stasiun MRT Choa Chu Kang. Enaknya di Singapore, rata-rata setiap stasiun MRT-nya pasti terintegrasi dengan Mall. Sehingga sangat memudahkan kita jika hendak sekedar mencari makanan, minuman, cemilan, sim card telepon, dll. Rata-rata makanan + minuman di food court di Singapore adalah SGD 10 / orang. Khusus orang muslim, jika tidak ada sertifikat halal di tokonya, sebaiknya bertanya dulu mengenai makanannya yah…….  Ga usah khawatir masalah bahasa, rata-rata penduduk Cina Singapore bisa 2 bahasa: Mandarin & Inggris. Jika kita berutung, terkadang menemukan teman-teman dari Indonesia lho….. Perut kenyang, waktunya berangkat!  Langsung aja deh naik ke atas platform stasiun MRT dan beli kartu EZ Link.

EZ Link Cards

Automatic Ticketing Machine

Kartu ini sangat berguna jika anda berpergian minimal 3 hari di Singapore karena semua transportasi disini menggunakan kartu ini, sehingga kita tidak perlu repot-repot bolak balik ke counter tiket jika hendak berpergian. Selain itu kartu ini bisa juga digunakan untuk berbelanja di beberapa tempat tertentu, seperti Mustafa Center. Ada 2 tipe kartu: EZ Link biasa dan Tourist Pass. Harga 1 kartu EZ Link perdana yang biasa adalah SGD 5 (minimum saldo), Top Up bebas (minimal SGD 10,-) dan bisa di-refund pada hari kepulangan kita nanti di Bandara senilai SGD 2. Saran saya jika anda travelling seminggu, belilah kartu ini senilai SGD 30 (saldo yang bisa digunakan SGD 25,-). Toh jika nanti ada sisa saldo bisa di refund koq di ticketing machine atau loket ticketing refund di bandara Changi. Jika saldo kurang, tinggal dengan mudah di-Top Up di ticketing machine yang tersebar di semua stasiun MRT atau juga di minimarket 7 eleven. Tipe kedua adalah EZ Link Tourist Pass seharga SGD 5 / hari dan berlaku maksimal selama 5 hari. Oh ya, anak-anak dibawah 3 tahun tidak perlu membeli kartu ini.

** Info lebih lengkap tentang EZ Link silakan klik disini.

MRT di Singapore benar-benar nyaman, kereta lewat setiap interval waktu 5 menit dan meskipun penduduk disini terkesan angkuh, tapi mereka sangat menghormati orang tua, penyandang cacat, ibu hamil dan keluarga yang membawa anak kecil dengan selalu memberikan kursinya. Jika dibandingkan dengan Kuala Lumpur yang juga memiliki MRT seperti ini, penduduk disini lebih teratur dan sabar bediri di jalur antrian masuk untuk menunggu penumpang di dalam kereta keluar terlebih dahulu, baru kemudian masuk kedalam kereta. Dan hampir disemua stasiun MRT & LRT memiliki sebuah lift untuk penumpang yang membawa kargo, kursi roda, baby stroller, dll.

MRT MAP

Dari stasiun Choa Chu Kang (Red Line), kita harus ganti kereta di stasiun Jurong East ke green line MRT dan turun di stasiun Boon Lay. Jalan kaki sedikit menuju terminal bis, naik deh bis 194 atau 251 langsung turun di halte Jurong Bird Park.

** Tips:  Buat temen-temen backpackers, dibawah stasiun Boon Lay terdapat kedai makan murah meriah dan halal lho… Nasi + 3 lauk pauk prasmanan cuman seharga SGD 2,5 dan minuman sirop beraneka rasa seharga SGD 1 saja.   Jadi bisa makan siang disini dan bungkus untuk makan malam di hotel.

EZ Link Card Reader

Informasi untuk prosedur naik bis disini: Naik harus dari pintu depan + scan kartu Ez Link di card reader dekat sopir dan turun harus lewat pintu belakang + scan kembali kartu Ez Link-nya di card reader pintu keluar.

Jika Anda ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk gaya hidup perkotaan Singapura ataupun jika anda mengajak anak-anak berpergian, disarankan untuk mengujungi Jurong BirdPark di mana 9.000 burung-burung warna-warni dari 600 jenis akan mempesona Anda dengan keragaman variasi, bentuk dan ukuran mereka. Jurong BirdPark merupakan taman burung terbesar dan paling mengagumkan di Asia Pasifik. Disini kami membeli tiket 2 in 1: Jurong Bird Park dan Singapore Zoo seharga SGD 32 / orang. Anak-anak belum membayar tiket karena masih dibawah 3 tahun. Oh ya, disini juga ada penyewaan baby stroller jika anda membutuhkan.

Jurong Bird Park Map
Jurong Bird Park Map

Ada 2 zona yang paling menarik menurut kami:  Pinguin Coast & Lory Loft. Di Pinguin Coast kita bisa melihat berbagai macam pinguin yang lucu-lucu, seperti pinguin happy feet. Alisya senang sekali disini karena ini pertama kalinya bisa melihat pinguin secara langsung dan bahkan kita bisa bermain dengannya di kolam pinguin.

Pinguin Coast

Di zona Lory Loft merupakan satu area dimana anda akan bisa langsung bersentuhan dengan beraneka macam burung. Ruangannya dikemas dengan menarik dengan jembatan gantung besi yang tampak modern dan pepohonan tropis dibawahnya.

Lory Loft Bridge

Untuk pertunjukannya juga menarik, anda bisa menyaksikan berbagai atraksi kepintaran dan kecerdikan para burung di Pool Amphitheater. Bahkan ada seekor burung kakak tua yang fasih menyanyikan lagu “Rasa Sayange” dari awal sampai habis…..sungguh mengagumkan.

Pools Amphitheatre Show

Jika anda kelelahan berjalan kaki mengitari JBP, silakan mencoba kereta Panorail. Sebenarnya Panorail ini merupakan kereta monorail biasa yang memiliki kaca yang luas untuk memudahkan penumpang menikmati pemandangan Jurong Birk Park dari atas. Didalam Kereta ini terdapat tour guide yang akan memandu anda dan akan berhenti di tempat-tempat yang menarik untuk anda mengambil gambar.

Kereta Panorail

** Informasi lengkap mengenai jam operasional dan harga tiket dari Jurong Bird Park bisa dilihat disini.

Puas keliling Jurong Bird Park seharian, langsung balik ke apartemen teman kami di Choa Chu Kang dengan rute yang sama untuk ambil koper dan pindah ke hotel Fragrance Ruby di daerah Geylang. Berangkat menuju Geylang dari stasiun Choa Chu Kang, ganti kereta di stasiun Jurong East menuju stasiun Aljuned. Sampai hotel, kita semua langsung terkapar sambil minjitin kaki deh…..

** Informasi lengkap mengenai hotel budget Fragrance di Singapore dan cara booking-nya bisa klik disini.

Tambahan informasi, daerah Geylang katanya merupakan red zone…… Tapi tenang aja, aman koq. Banyak turis yang kesini karena daerah ini banyak banget hotel, makanan dan jajanan murah di sepanjang jalan. Cuman memang agak kumuh sih dan suasananya agak kurang cocok untuk keluarga yang membawa anak kecil.

Nunggu bis di halte Jurong Bird Park

Makan murmer di Boon Lay
Di Lobi Jurong Bird Park

Bermain lebih dekat dengan burung

Jembatan gantung Lory Loft

Danau JBB

Di kolam Pinguin

Di Pinguin Coast

Memberi makan burung

One Comment Add yours

  1. Hendro S says:

    hmmm. kayaknya asyik juga jalan-jalan ke singapore yaa…
    tapi jangan sampe lupa diri (saking senengnya)..alias kecapek an tuh…

    info yang bermanfaat…

    eh pacik mau tanya..apa ada yang cakap melayu kah..?
    maklum awak tak pandai cakap english..lah =)
    satu lagi klo dalam IRP brapa uang saku minimal yang musti disapin gan..?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *