Singapore 2011: Geylang – Singapore Zoo (Day 3)

Singapore Zoo

Acara hari ini adalah mengunjungi Singapore Zoo, karena tiket 2 in 1: Jurong Bird Park & Singapore Zoo yang sudah dibeli di Jurong Bird Park sehari sebelumnya berlaku selama 4 hari. Setelah sarapan Pop Mie di hotel, langsung deh rombongan berangkat ke stasiun MRT Aljuned. Keluar hotel koq ngelihat langit agak mendung yah….. jadi was was. Seandainya di rumah kalo melihat cuaca mendung, mending batalin semua rencana dan tarik selimut lagi. Tapi berhubung kita lagi jalan-jalan diluar negeri, ya sudah….Disemangatin aja sembari berdoa gak hujan nanti.

MRT MAP

Untuk menuju Singapore Zoo, kita harus naik bis dari stasiun MRT Ang Moo Kio. Jalurnya  MRT banyak pilihan karena semua jalurnya saling nyambung satu sama lain. Karena kami ingin merasakan MRT yang lain, jadi kami memilih transit di stasiun Paya Lebar, lalu naik yellow line MRT menuju stasiun Bishan dan ganti lagi ke red line MRT menuju stasiun Ang Moo Kio. Setibanya disini, naik keatas stasiun langsung deh bertemu mall AMK Hub. Lokasi terminal bis-nya ada di ujung mall ini, trus tinggal cari deh papan petunjuk untuk naik bis 138. Sungguh sarana dan prasarana transportasi di Singapore sangat menyenangkan…. terminal bis yang terintegrasi dengan mall sangat bersih, aman dan nyaman. Papan informasi digital mengenai nomer bis, tujuan dan jam keberangkatan juga terpampang dengan lengkap dan jelas. Hebatnya lagi rata-rata bis-nya selalu on time sesuai dengan papan schedule di semua halte pemberhentian.

Ternyata bonbin-nya lumayan jauh lho dari Ang Moo Kio. Lokasinya ada di tengah-tengah hutan lindung tropis. Setibanya disana, apa yang kami khawatirkan pada waktu berangkat akhirnya kejadian……hujan lebat. Hiks….  Untunglah tidak berlangsung lama, tapi tetap saja hujan rintik-rintik. Buat visitor jangan khawaitr, di toko souvenir sini menyediakan jas hujan seharga SGD 8,5.

                                

Kebun binatang ini emang benar-benar menyenangkan dan worth to visit. Bersih, rapi, teratur dan walaupun terkadang bau (namanya juga kebun binatang, bukan kebun manusia ) tapi masih tolerable. Singapore Zoo ini daya tariknya terletak pada cara mereka men-display koleksi binatangnya karena memiliki konsep kebun binatang terbuka. Menarik dan interaktif banget dengan pengunjung, karena binatangnya tidak dikurung layaknya kebun binatang di Indonesia, sehingga anda bisa melihat seluruh hewan dari jarak dekat. Penataaannya lebih mirip Taman Safari Puncak (TSI), tapi bedanya jika di TSI kita mengendarai kendaraan untuk keliling, jika disini kita mengendarai sepatu kita.

Kalau dari sisi koleksi hewannya sih rata-rata sama dengan TSI. Tapi hewan-hewannya terlihat pada enjoy dan sangat terawat, karena mereka dibiarkan hidup di lingkungan yang dibikin semirip mungkin sama habitatnya dan juga porsi makanannya benar-benar diberikan sesuai kebutuhan hariannya.

Singapore Zoo Map

Dari segi ukuran, bonbin ini lumayan luas lho…..Dari peta sih kelihatannya kecil, tapi dijamin badan bakalan terasa rontok jika anda mengeksplorasinya dengan berjalan kaki seperti kami. 

Tram

Tapi jangan khawatir, Singapore Zoo menyediakan fasilitas tram koq. Cuman sayangnya jika menggunakan tram, anda akan terlewatkan beberapa spot menarik untuk melihat koleksi hewannya, karena tram ini berhentinya hanya di halte-halte pemberhentian yang telah ditentukan…..Cluster-cluster hewan disini lokasinya berada di jalan “dalam”, sedangkan tram hanya di jalanan “luar” saja. Saat kami kesana, terlihat sedang ada pembangunan proyek Safary Cruise River. Jadi penasaran seperti apa yah nanti?

** Informasi lebih lanjut mengenai Singapore Zoo silakan klik disini.

Singapore Zoo & Night safary

Puas seharian keliling bonbin, balik ke terminal bis dan menunggu bis dengan rute yang sama. Jika anda berminat ikut night safary, pintu masuknya ada disebelah terminal bis, berbeda dengan pintu masuk Singapore Zoo.

Karena hari masih sore, kami jalan-jalan dulu di mall AMK sembari cari makanan. Mengelilingi bonbin dengan berjalan kaki benar-benar melelahkan dan baru bisa makan siang merangkap makan malam pada jam segini. Begitu sampai hotel, langsung deh tutup hari ini dengan terkapar lagi dikasur……

Greed hood girls

Serasa mau berburu

See the monkey closely

Ngaso dulu ah…..

The queen and her kingdom

Real Elephant?

Piknik bersama Jerapah

Untung sapi boongan

Watch out for the Monkey

<~~ Hari kedua

Hari keempat di Singapore:  Bugis Street – Sentosa Island ~~>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *