Informasi Tempat Wisata di China, Hongkong dan Macau

Aloha Rekan Travelers,

Kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai berbagai tempat wisata yang menarik di China berdasarkan 2 kali business trip saya ke China tahun 2011 dan 2012. Kebetulan sejak tahun 2007 saya bekerja di sebuah perusahaan minyak dan gas milik pemerintah China di Indonesia. Sejauh ini sudah 8 kota yang sudah saya jelajahi di China, yakni Beijing, Tianjin, Yanjiao, Shenzhen, Guangzhou, Shanghai, Hongkong dan Macau. Khusus kedua terakhir sengaja saya kategorikan ke negara China, karena keduanya kan sekarang merupakan bagian dari negara kesatuan RRC.

Nabi Muhammad pernah berkata “Tuntutlah ilmu hingga ke negeri China”, dan memang terdapat banyak hal yang bisa saya pelajari selama berada disini, baik itu yang patut dikagumi maupun yang tidak. Saat ini China merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi terpesat di dunia dan juga memiliki cadangan emas terbesar di dunia. Bahkan saking ambisiusnya, mereka tengah berusaha melobi berbagai negara untuk mengganti dolar Amerika (USD) dengan remibi (RMB) sebagai mata uang internasional.

Selama kunjungan saya kesana, memang terlihat sekali pertumbuhan kota yang luar biasa cepatnya. Mereka tidak segan mungundang dan menggunakan investor / kontraktor asing untuk membangun kota dengan berbagai fasilitasnya. Dari sinilah mereka mulai menyerap ilmu dan teknologi tersebut untuk dikembangkan sendiri (Sebagian orang bilang “Membajak” ), yang pada ujungnya adalah hasilnya bisa dijual secara komersil dengan harga yang lebih murah. Tapi meskipun demikian, mereka tetap berusaha mempertahankan nilai-nilai tradisional / kebudayaan mereka ditengah cepatnya arus modernisasi yang terkadang membuat penduduk China sendiri stress.

Okelah sekian sekilas info tentang negara China, kembali ke topik utama. Silakan dipilih sendiri kota yang hendak diamati. Mudah-mudahan bisa menjadi referense guide buat teman-teman dalam merencanakan liburan.

  • Beijing
  • Yanjiao
  • guangzhou
  • Tianjin
  • Shenzhen
  • Shanghai
  • Macau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *