Hongkong

Hongkong merupakan surga bagi wisatawan yang gemar berbelanja karena memang disini banyak toko yang menjual produk-produk branded dengan harga yang lebih miring dari pasaran. Namun demikian, biaya hidup disini sangat tinggi, bahkan menurut saya tertinggi diantara negara Asia lainnya yang pernah saya kunjungi. Jika anda penikmat kuliner, siap-siap saja merogoh kocek cukup dalam karena rata-rata harga makanan disini diatas 40 HKD dan sebotol air putih diatas 5 HKD. Selain itu juga jangan kaget jika browsing hotel-hotel di hongkong ditawarkan dengan harga rata-rata diatas 1000 HKD/malam dengan ukuran kamar yang sangat kecil. Tapi meski dengan segala kekurangan diatas, Hongkong tetap merupakan salah satu negara tujuan wisata yang terfavorit. Sebagai negara yang mengandalkan pendapatan devisa dari turis, pemerintahnya memberikan berbagai fasilitas dan kenyamanan bagi para wisatawan untuk menikmati keindahan Hongkong. Sebagai contoh adalah penggunaan Kartu sakti Octopus yang bisa berguna untuk seluruh keperluan di Hongkong, mulai dari akses transportasi, makan, hingga berbelanja.

Berbagai tipe Octopus (Standard On-Loan Type)

Seluruh tarif perjalanan MTR dan bis dengan mengggunakan kartu ini lebih murah daripada bayar cash, sehingga otomatis akan membuat biaya perjalanan lebih hemat. Selain itu terkadang tersedia berbagai merchant yang memberikan diskon bagi pengguna Octopus. Kartu ini bisa didapatkan di counter information center di seluruh stasiun MTR dan toko-toko 7 eleven dan dapat di-refill di seluruh mesin top up atau information center diseluruh MTR. Bagi Travelers yang hendak membawa anak kecil berusia 3 tahun keatas, disediakan pula kartu Octopus khusus anak. Di hari kepulangan, Kartu ini bisa di-refund kembali seluruh sisa dana yang tersedia.

Hu Tong Xing Card (Cross Border – Sold Type)

Tambahan informasi bagi travelers yang berencana mengunjungi Hongkong dan Shenzhen, sekarang disediakan pula Cross Border Octopus and Shenzhen Tong Card, yakni bernama Octopus Hu Tong Xing Card yang dijual diseluruh stasiun MTR Hongkong. Dengan sebuah kartu ini anda tidak akan direpotkan lagi memiliki 2 kartu terpisah…Khususnya Shenzhen Tong Card yang agak sulit ditemukan lokasi pembeliannya saat di Shenzhen. Kartu ini berfungsi sebagai HKD e-purse dan RMB e-purse berisi 2 saldo terpisah yang harus di top up di masing-masing wilayah. Kelemahannya adalah kartu ini tidak bisa di-refund, karena bersifat Sold type seharga 98 HKD. Lebih detil silakan klik disini.

Kepulauan Hongkong ini terbagi menjadi 3 besar: Lantau Island, Hongkong Island dan Kowloon yang menyatu dengan China. Kesemua pulau ini disambungkan dengan jembatan antar pulau. Sarana transportasi yang tersedia: Bis, Taksi, MTR, Tram dan kapal ferry. Khusus untuk taksi, ongkosnya terbilang sangat mahal. Selain itu terdapat biaya ekstra untuk handling bagasi yang tarifnya sesuka sopirnya ^_^. Sebagai contoh saya dan teman saya pernah dikenakan biaya ektra 100 HKD untuk 3 koper.

Bagi rekan travelers yang hendak berencana mengunjungi Hongkong tanpa bantuan agen travel, jangan khawatir….. Karena petunjuk dan informasi yang disediakan oleh pemerintah Hongkong sangatlah jelas. Peta turis dibagikan secara gratis dimana-mana. Selain itu penduduk lokalnya rata-rata lancar berbahasa inggris, jadi dijamin anda tidak akan nyasar. Dan juga banyak orang Indonesia yang mengadu nasib disini, terutama daerah Causeway Bay dimana banyak terdapat toko dan restoran Indonesia. Disini juga banyak mesjid yang tersebar di se;uruh pulau untuk umat muslim.

Silakan klik link dibawah untuk melihat daftar tempat wisata di Hongkong yang menarik untuk dikunjungi:

Lantau   Island Kowloon Hongkong Island Ma Wan Island
1. Hongkong International   Airport 1. Avenue Star 1. Victoria Park 1. Noah’s Ark
2. Ngong Ping 360 2. Simphony of Light 2. Hongkong Park 2. Ma Wan Beach
3. Po Lin Monastery 3. Hongkong Space Museum 3. Causeway Bay
4. Giant Budha 4. Star Ferry terminal 4. Ocean Park
5. Tai O Fishing Village 5. Kowloon Park 5. Hongkong Tram
6. Citygate Mall   (Tung Chung) 6. Repulse Bay 6. Golden Bauhinia
7. Disneyland 6. Temple Market 7. The Peak
7. Ladies Market 8. Madame Tussaud
8. Mongkok Street 9. Sky Terrace
9. Tsim Sha Tsui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *