Malaysia 2012: Genting Highland (Day 2)

on

Rencana hari kedua ini adalah melihat chin swee temple, bermain sepuasnya di indoor & outdoor theme park. Tapi sebelumnya mau ngerasain kereta gantung yang ngetop di genting ini dulu donk….amor  Ada 2 jenis kereta gantung yang bisa dinikmati disini, yakni Awana Skyway & Genting Skyway. Sebetulnya jika berangkat dari KLCC / KL Sentral menuju Genting highlands, kita bisa meminta sopir bis untuk turun di genting skyway lower terminal dan naik kereta gantung ini, namun karena kami tibanya sudah termasuk malam, maka saya memutuskan untuk naik kereta gantungnya keesokan harinya saja.

Untuk menuju genting skyway upper station ada 2 akses, yakni shuttle bus atau berjalan kaki melintasi area first world plaza yang terinterkoneksi dengan hotel. Agar waktunya efisien, kami memilih naik free shuttle bis yang tersedia di depan lobi hotel first world. Setibanya disana, langsung beli tiket 2 way round trip seharga RM 12/pax. Jika membawa receipt hotel, bisa dapat tambahan diskon RM 2/pax.

IMG_2703
Genting Skyway terminal
Genting skyway
Sereeeemmm kalo lihat kebawah

Menurut saya, cable car genting ini termasuk yang terpanjang di asia tenggara. Rasanya ngeri2 sedap juga jika melihat kebawah, karena kereta gantung ini melintasi gunung.26375_1376401660872_1556781579_942172_7860049_n Tapi sungguh pengalaman yang didapat sangat menarik, karena kita bisa melihat keindahan pegunungan titiwangsa dari atas. Sempat terpikir, mengapa Indonesia tidak membuatnya juga untuk akses ciawi – puncak? Apalagi dengan kemacetan luar biasa saat weekend di puncak. Sebagai contoh: Seharusnya pemda bogor bisa bekerja sama dengan investor swasta membangun kereta gantung dari ciawi menuju taman wisata matahari, taman safari indonesia indah & perkebunan teh. Saya rasa jika ada fasilitas semacam ini, traveler yang ingin ke puncak cukup parkir di area terminal area sekitar ciawi (ujung tol jagorawi) dan naik kereta gantung ke puncak. Mudah2an aspirasi ini bisa tersalurkan.amor

Puas naik kereta gantung, balik ke hotel & saatnya bermain!!! mky_02 Pertama beli tiket outdoor & indoor combo theme park di outdoor ticket counter. Enaknya di malaysia, mereka sangat menghargai kebutuhan liburan keluarga. Sehingga hampir disemua tempat wisata disedikan harga khusus untuk keluarga (2 dewasa & 2 anak). Harga tiket all park-nya jika satuan seharga RM 66 A & RM 45 C, dan family RM 200.

P1030970
All park family pass

Wahana permainan di outdoor theme park menurut saya pribadi tergolong biasa2 aja buat orang dewasa, namun menarik untuk anak2 karena kebanyakan wahananya memang untuk anak2 dibawah 10 tahun. Masih bagusan dufan deh….6  Namun pengalaman bermain di outdoor theme park di atas gunung tetap menjadi sesuatu yang unik.amor

Ada 1 yang paling seru disini, yakni “Flying Coaster”, karena roller coaster ini selain tidak pake pengaman seperti Belt. kita diminta tiduran dengan cuma pegangan didepan yg telah disediakan dan di atas kita hanya ditutup jaring besi…. Rasanya menyeramkan dan berasa sedang terbang sungguhan.26375_1376456182235_1556781579_942487_1758330_n

P1030953
Entrance door
gajah2an
Mini elephant
P1030954
Flower park
Classic Carousel
Classic Carrousel
SANYO DIGITAL CAMERA
Time travelers
P1030966
Feels like in London
aa1+(1)
Flying Coaster
P1030961
Chocolate Wonderland

Kenyang menjelajahi outdoor theme park, kami berjalan kaki menyusuri first world plaza menuju ke awana skyway. Sebetulnya kita bisa naik free shuttle bus ke chin swee temple, namun kami memilih naik kereta gantung Awana.

Awana Skyway sendiri sekarang sudah tidak ada lagi (2015) karena pihak manajemen RW Genting berencana menggantinya dengan model kereta gantung serupa dengan genting skyway yang memiliki kapasitas angkut lebih besar. Karenanya kami beruntung sempat merasakan kereta gantung ini. Perbedaan antara kereta gantung genting & awana adalah jika kereta genting jumlahnya banyak dan penumpangnya duduk dengan kapasitas maksimum 6-8 orang, sementara kereta awana bentuknya panjang yang jumlahnya hanya 2 buah dan penumpangnya seluruhnya berdiri dengan kapasitas maksimum mencapai 15-18 orang. Informasi lebih lanjut mengenai kedua cable car ini bisa mengunjungi situs ini

awana skyway
awana skyway

Setibanya di chin swee temple station, hujan mulai rintik2….. alhasil explorasi chin swee temple jadi tidak maksimal. Untunglah sempat curi2 kesempatan untuk berfoto ria disini. DIsini kita bisa melihat patung budha yang besar, namun sayang saat kesini sedang di renovasi.

Pagoda tower
Pagoda tower
Budha's statue is under renovation
Budha’s statue is under renovation

Acara malam hari adalah kembali bermain sampai kenyang di indoor theme park. Sebetulnya ada banyak wahana disini, namun kami tidak sempat mengeksplorasi semuanya karena nungguin anak2 bermain di wahana yang dinaiki berulang2.

Merry go round
Merry go round
Another classic carousel
Another classic carousel
P1030982
Rio Float
indoor theme park
indoor theme park

Indoor theme park sendiri tutup sampai tengah malam, namun karena besok kami harus naik bis ke KL sentral di pagi harinya, maka dengan muka anak2 yang kecewa terpaksa disudahi permainannya jam 9 malam agar cukup istirahat.

Oh ya, disini juga ada kasino khusus bagi turis asing dan harus menunjukkan paspornya. Orang malaysia sendiri yang muslim dilarang oleh pemerintahnya untuk masuk kesini. Meski gak main, kita boleh saja masuk kesini gratis, tapi dilarang mengambil foto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *