Malaysia 2012: Genting Highland – Kuala Lumpur (Day 3)

on

Hari ini kami berencana turun gunung ke KL dan bertemu dengan mama, papa & adikku. Ada 2 pilihan moda transportasi, yakni bis atau taksi. Kalau taksi kebanyakan argonya fix RM 100, jarang yang mau pakai argo meteran. Jika ingin berhemat ya bis adalah pilihan utama karena rata2 tarifnya RM 10 – 15/pax. Enaknya di genting resort, terminal bisnya terintegrasi dengan hotel, sehingga pengunjung bisa memesan tiket bis kapanpun. Karenanya saya bangun pagi duluan untuk memesan tiket bis ke KL sentral jam 11.00, sementara anak2 masih pada tidur karena kelelahan sehabis bermain seharian di genting theme park. Ada banyak pilihan bis disini dengan berbagai tujuan seperti johor bahru, singapore, KL sentral, malaka, dll.

Banyak pilihan bis
Banyak alternative bis

Tempat menunggu bis

Setelah tiket sudah ditangan, kamipun beres2 koper, cek out dan menunggu dengan manis di terminal bis. Jam 10.45 bis sudah tersedia di pool, dan jam 11 tepat berangkat menuju KL Sentral. Perjalanan dari genting menuju KL sentral memakan waktu +/- 1,5 jam. KL Sentral ini merupakan integrated terminal yang menghubungkan berbagai moda transportasi dari / ke Kuala Lumpur, mulai dari taksi, Rapid KL, KL monorail, KTM commuter, intercity bus & kereta menuju singapore.

KL Commuter
KL Monorail

Setibanya di KL sentral, kami berjalan kaki menuju stasiun monorail untuk ke area bukit bintang dimana lokasi hotel Apple tempat kami menginap.

Apple Hotel Bukit Bintang
Lokasi Apple Hotel KL

Hotelnya sendiri lokasinya cukup strategis karena dekat dengan stasiun monorail, berada di pusat keramaian & jajanan bukit bintang, namun sayang kamarnya sangat sempit. Bahkan untuk membuka koperpun terasa sangat sulit. eusa_doh Namun enaknya kunci kamarnya sudah menggunakan access card, sehingga keamanan lebih terjamin.

Tak mau rugi waktu, segera kami masuk kamar, beres2 koper, shalat dzuhur dijamak ashar, kamipun langsung ngacir naik monorail balik ke KL Sentral. Target sore ini adalah mengunjungi Batu Caves. Untuk menuju lokasi ini, kami naik KTM Commuter dari KL Sentral.

Patung Hanoman
Mama in action

Batu Caves merupakan tempat peribadatan umat hindu. Jika di Chin Swee Temple terdapat patung budha yang besar, maka disini kita bisa melihat patung hanoman & dewa shiwa yang besar. Seperti halnya kuil hindu lainnya, kehadiran kera2 putih pun juga ada disini. Saat sore hari di area aula kuil banyak sekali burung dara yang sangat jinak. Dengan asyiknya mereka mematuk2i makanan yang bertebaran disana sini tanpa takut sedikitpun pada manusia yang berlalu lalang…. Sangat menyenangkan bisa melihat burung2 dara sebanyak itu. amor

Papa in action
SANYO DIGITAL CAMERA
Cuddling with the birds

Di utara kuil, terdapat ratusan anak tangga yang siap mengantar ke dalam gua. Capek juga menaiki tangga tersebut lho….. 26375_1376409701073_1556781579_942190_1419031_a

Tarik nafas dulu kalo naik tangga

Didalam gua, kita bisa melihat berbagai patung & ornamen khas kuil hindu.

kuil di tengah2 gua
guanya lumayan luas lho....
guanya lumayan luas lho….

Puas menjelajahi kuil ini, kamipun balik ke KL sentral dengan kereta KTM commuter, disambung dengan monorail ke bukit bintang. Untuk urusan makan malam, disini surganya jajanan. Cocok bagi yang mau wisata kuliner….. 26375_1376456342239_1556781579_942491_2777821_n

Culinary street in bukit bintang

** Oh ya sedikit tips untuk travelers yang ingin menjelajahi malaysia, jika di Indonesia hari mulai gelap rata2 pukul 18.00, maka disini kita bisa extra 1 jam untuk berjalan2 karena waktu menjelang gelapnya rata2 pukul 19.00.26375_1376468822551_1556781579_942622_7157114_n