Asyiknya menginap di apartemen / villa via Airbnb

Saat liburan, menginap di hotel merupakan pilihan yang menyenangkan. Disana kita akan dimanjakan oleh kamar yang bersih, fasilitas tv cable, kasur yang empuk, kamar mandi yang mewah, balkon dengan pemandangan yang cantik, makan enak di restoran hotel, koper dibawakan oleh porter, dan berbagai keunggulan lainnya. Jika budget anda unlimited, tentu hotel tidak menjadi masalah. Namun bagi travelers yang berpergian bersama seluruh anggota keluarga diatas 4 orang, berarti harus memesan minimal 2 kamar hotel karena terkadang tidak semua hotel memiliki tripple bed. Di negara maju, biasanya peraturan hotel sangatlah ketat, seperti contohnya 1 kamar maksimum hanya boleh diisi 2 orang, anak diatas 8 tahun sudah harus memesan extra bed, dan lain sebagainya. Tentu masalah ini akan menambah extra budget menginap anda.

Dari berbagai kekurangan diatas, menyewa apartemen bisa menjadi salah satu solusi terbaik. Rata-rata harga sewa apartemen setara dengan harga sewa 1 kamar double bed di hotel. Tapi kelebihannya adalah biasanya apartemen memiliki ruangan yang lebih luas, sofa bed yang bisa menjadi kasur tambahan, tidak ada batasan jumlah tamu, tersedia mesin cuci dan kitchen set. Sehingga bagi travellers yang berpergian bersama keluarga besar tentu akan lebih hemat, apalagi jika berpergian ke negara maju yang memiliki living cost yang tinggi seperti Jepang atau Singapore.

Tapi jangan bayangin memesan apartemen sama dengan  kamar hotel.  Beda bangettt….!!  Kalo hotel, semua fasilitas disediakan dan dilayani, sebaliknya jika sewa apartemen maka kita harus extra mandiri.  Biasanya setelah kita payment dengan kartu kredit, si pemilik apartemen akan mengirimkan email berupa manual penggunaan apartemen, alamat, peta, cara menuju ke apartemen, dimana dia taruh kunci, peraturan di apartemennya, sampai penggunaan semua alat elektronik di apartemennya. Selain itu komunikasi hanya bisa lewat email di airbnb, tidak bisa via whats ap / bbm / line / apapun. Jangan pernah berharap bisa bertemu dengan host-nya untuk mengantarkan kita ke apartemennya, jarang banget soalnya ada pemilik yang mau begitu. Saya sendiri disuruh melakukan self check in saat menyewa apartemen di Jepang dan Korea Selatan dengan mencari sendiri lokasinya, lalu mengambil kunci didalam locker yang disertai dengan password-nya.
Sedikit tips memilih dan memesan apartemen dari saya:
  1. Sebaiknya memilih apartemen dengan jarak sedekat mungkin dengan stasiun utama agar mempermudah akses mobilitasnya.
  2. Sebaiknya memesan apartemen jauh-jauh hari, karena selain harganya lebih murah, pilihan apartemennya juga lebih banyak. Sehingga kita bisa mendapatkan apartemen yang lebih strategis dan banyak fasilitasnya.
  3. Cari apartemen yang memiliki fasilitas kitchen set dan mesin cuci. Dengan adanya kitchen set, kita bisa memasak makanan yang dibawa dari Indonesia, sehingga terjamin kehalalannya dan tentu saja menghemat budget makan. Mesin cuci juga merupakan faktor penting agar kita bisa mengurangi jumlah pakaian yang dibawa karena bisa dicuci setelah dipakai seharian.
  4. Setelah menentukan apartemen idaman, mulailah pembicaraan dengan host-nya. Ceritakan tujuan anda menginap, jumlah tamu dan fasilitas yang disediakan. Sebaiknya jujur saat memberikan informasi jumlah tamu yang menginap karena terkadang apartemen di Jepang itu rata-rata berukuran kecil.
  5. Saat berkomunikasi dengan host-nya, cobalah bernegoisasi meminta diskon. Terkadang mereka memberikan diskon jika kita booking lebih dari 4 – 5 hari.
  6. Setelah booking, biasanya host akan mengirimkan email petunjuk menemukan apartemennya dan prosedur cara check in-nya. Tanyalah sedetail mungkin jika ada informasi yang kurang jelas. Lalu cobalah cari lokasi apartemen di google map. Agar mempermudah pencarian, biasanya saya melihat google street view untuk coba menyusuri jalan mulai dari pintu keluar stasiun sampai tiba di apartemen. Lihat pandangan sekitar perjalanan dan cari referensi gedung / toko / restoran sekitar agar mudah mencari pentunjuk jalannya. Sehingga kita ada bayangan perjalanan yang akan ditempuh nanti dan menghindari nyasar.
1. Tentukan lokasi yang ingin dilihat di google map, lalu pilih tool google street view berada disisi kanan bawah.
2. Klik simbol manusia dan drop di area jalanan yang ingin dilihat (sepanjang garis biru)
3. Arahkan kursor untuk melihat pandangan dan arah jalan anda

7. Seminggu sebelum keberangkatan, sebaiknya mulai contact ulang host-nya agar memastikan apartemennya available dan sedang tidak disewa orang lain.

Jepang

Saya memilih menyewa apartemen di dekat stasiun Shinjuku selama berada di Tokyo 5 hari 4 malam, dan di area dekat stasiun shin-osaka selama berada di area Kansai 5 hari 4 malam. Alasan memilih di area Shinjuku, karena disini merupakan stasiun besar yang dilalui oleh berbagai moda transportasi kereta JR, tokyo metro, toei line, airport limousine bus dan terminal bis. Sementara alasan memesan di area Shin-Osaka adalah agar tidak jauh mencari apartemen setelah turun kereta shinkanzen dari Tokyo menuju Shin-Osaka di malam hari. Dan semuanya dipesan via website airbnb dengan proses pemesanan yang sangat mudah.

Saya membuat review atas kedua apartemen yang saya pesan:

  1. Apartemen Elvita Yoyogi, Tokyo
  • linkhttps://www.airbnb.com/rooms/9290631
  • Kelebihan:  2 kasur double bed, 1 sofa bed, air conditioner (cool & heater), kitchen set, kulkas, water heater dan mesin cuci.
  • Kekurangan:  Lokasi agak jauh dari stasiun Shinjuku, butuh waktu 10 menit berjalan kaki.
  • Extra service:  hair dryer, setrika, wifi portable, televisi, handuk, perlengkapan mandi, microwave, sandal kertas dan payung.
  • Testimoni saya:  Apartemennya enak, bersih dan modern. Fasilitas sangat komplit untuk traveler. Lift kecil tersedia untuk lantai atas. Namun sayangnya lokasi jauh dari stasiun Shinjuku.

2. Studio Apartment Shin-Osaka, Osaka

  • Linkhttps://www.airbnb.com/rooms/10078435
  • Kelebihan: Lokasi sangat dekat dengan stasiun Hongik university, Kasur double bed, 1 sofa bed, kitchen set, kulkas dan water heater.
  • Kekurangan:  Tidak ada mesin cuci, central air conditioner (tidak bisa diatur manual), interior tua.
  • Extra service:  wifi portable, televisi, handuk, perlengkapan mandi, microwave dan payung
  • Testimoni saya:  Apartemennya tergolong tua. Kamarnya kurang bersih dan interior juga jadul. Fasilitasnya lumayan komplit, kecuali tidak ada mesin cuci. Tapi positifnya adalah lokasinya sangat dekat dengan stasiun shin-osaka. Host sangat ramah dan komunikatif.

Korea Selatan

Sewaktu liburan ke Korea Selatan, saya menyewa apartemen di daerah Hongdae. Lokasi apartemennya persis disebelah pintu keluar (exit 3) stasiun subway Hongik University. Alasan pemilihan lokasi ini ketimbang menginap di area Myeongdong adalah masalah akses transportasi yang lebih mudah dari bandara, karena tinggal sekali naik kereta Arex All Stop Train.  Selain itu disini merupakan stasiun hub strategis yang menghubungkan line 2, Gyeongi-Jungang line dan airport line, jadi lebih efektif untuk kemana-mana karena banyak tempat wisata yang dilalui oleh kereta subway line 2. Area ini sebenarnya merupakan daerah kampus, sehingga ramai dan gak perlu khawatir untuk urusan perut dengan banyaknya restoran dan street food disekitar hongdae.

Saya membuat review atas apartemen yang saya tempati selama di Seoul:

3. Apartment Yanghwa-ro, Mapo-Gu, Seoul

  • Link https://www.airbnb.com/rooms/20614107
  • Kelebihan:  Lokasi sangat dekat dengan stasiun Hongik University, 2 kasur double bed, 1 sofa bed, air conditioner (cool & heater), kitchen set, kulkas, water heater dan mesin cuci.
  • Kekurangan:  Ukuran kamar studio.
  • Extra service:  Hair dryer, setrika, wifi portable, televisi, handuk, perlengkapan mandi, microwave, bread toaster, payung dan vacuum cleaner.
  • Testimoni saya:  Apartemennya enak, bersih dan nyaman, meski ukurannya agak sempit. Fasilitas sangat komplit dan tersedia Lift untuk lantai atas. Banyak kuliner disekitar apartemen. Di belakang apartement terdapat travel depot store untuk membeli sim card handphone dan menukar uang.

Indonesia

4. Villa Gracia Batu

  • Link:  https://www.airbnb.com/rooms/16087403
  • Kelebihan:  Lokasi strategis karena dekat dengan semua tempat wisata (Jatim Park 1, 2, 3, Museum Angkut, Alun-alun, BNS & Kusuma Agrowisata), 2 queen bed @2 kamar, 2 matrass bed, kitchen set, kulkas & water heater.
  • Kekurangan:  Butuh kendaraan untuk menjangkau villanya, interior tua, air panas susah digunakan dan tidak ada mesin cuci.
  • Extra service:  wifi portable, televisi, handuk, perlengkapan mandi dan bread toaster.
  • Testimoni saya:  Meskipun interior dan exterior tua, tapi villanya enak, bersih dan nyaman. Pemandangan sekitar villa sangat keren, karena diapit oleh pegunungan. Lokasinya juga sangat strategis, dekat dengan semua tempat wisata, tapi butuh kendaraan untuk menuju villanya karena terletak agak didalam komplek. Fasilitas lumayan komplit. Tidak ada restoran atau jajanan apapun disekitar Villa, jadi kalau cari makanan harus keluar komplek.

Dari semua kelebihan dan kekurangan antara hotel vs apartemen, saya pribadi cenderung lebih senang menyewa apartemen. Karena selain kamarnya muat banyak, kita bisa merasakan tinggal dan bersosialisasi dengan lingkungan penduduk lokal sekitar selama beberapa hari. Banyak hal-hal menarik yang bisa diamati dan dilihat di areal pemukiman tersebut mulai dari pagi hingga malam hari. Jangan khawatir apakah host dan apartemen bisa dipercaya atau tidak, karena airbnb telah menetapkan standard hunian. Kita bisa melihat rating & review mengenai apartemen dan host-nya di website. Jikalau terjadi masalah, uang kita 100% akan dikembalikan oleh airbnb. Kalau khawatir nyasar atau tidak bisa menemukan lokasi apartemennya, kita bisa coba minta tolong host-nya bertemu dan mengantarkan ke lokasinya, terkadang ada beberapa host yang ramah dan helpful.

Kalau ada temen-temen yang mau mencoba menginap di apartemen via airbnb, untuk first user bisa mendapatkan diskon +/- Rp. 350.000 dari kode referal saya di link ini.

So worry free guys…. let’s try a new travel experience by staying in apartment.

 

8 Comments Add yours

  1. rahma says:

    portable wifi-nya bisa kita bawa ga ya buat jalan-jalan di luar?

    1. Akthuro says:

      Rata2 sih boleh dibawa keluar kok. Cuman biasanya kecepatan internetnya pelan. Mungkin provider telekomunikasi disana juga ada tipe internet unlimited tapi pelan, atau kecepatan tinggi tapi sistem kuota terbatas.
      Tapi sebaiknya ditanyakan dulu ke hostnya apakah boleh dibawa keluar atau tidak..

  2. Riry says:

    Hy mba waktu apply visa pake alamat airbnb boleh?

    1. Akthuro says:

      boleh kok. Saya sudah menggunakan alamat sewa apartemen via airbnb untuk apply visa & masuk imigrasi Jepang & Korea selatan tidak ada masalah sama sekali.
      Yang penting setelah dapat bukti reservasi, kita harus minta nama & no telp host kita. Jadi dokumennya pemesanan airbnb kita lengkap: nama, alamat & no telpnya.
      terkadang kalau terjadi random check immigration, petugasnya akan menghubungi no telp host tersebut untuk verifikasi kedatangan kita disana.

  3. Laurensia says:

    Kak saya mau nanya kalau mau pesan apartemen gitu bisa lewat travel gak?

    1. Akthuro says:

      Halo Laurensia,
      Bisa juga kok kalau mau pesan apartemen lewat travel agent, tapi biasanya sih travel agent yang besar ya…. Mereka punya rekanan travel agent di negara bersangkutan untuk urusan penginapan. Tapi rata-rata sih harganya mahal. Jadi sebetulnya lebih hemat jika memesan via airbnb.com / booking.com / agoda.com. So far menurut saya airbnb masih juaranya, karena kita bisa berkomunikasi langsung dengan pemilik apartemen. Jadi lebih enak dan nyaman.

  4. Amirul says:

    Berapa maksimal orang yang bisa nginap dalam apartemen? Kalao bawa sekitar 40 orang lebih enak sewa berapa apartemen ya?

    1. Akthuro says:

      rata-rata ukuran apartemen jepang yang disewakan via airbnb itu berukuran kecil, kapasitas 4 – 8 orang. Kalau bawa rombongan sebanyak itu harus cari beberapa unit dalam 1 apartemen. Kalau berjauhan nanti repot janjian ketemuannya. Di Jepang sangat mengutamankan ketenangan di lingkungan perumahan, jadi kalau terlalu banyak orang asing yang keluar masuk apartemen suka ditegur owner-nya. Trick-nya paling coba cari2 apartemen di airbnb dan lihat foto utuk mengira2 model unit yang ruangannya mirip. Kemudian coba contact host-nya dan menanyakan alamatnya, siapa tau beruntung bisa dapat beberapa unit dalam 1 apartemen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *