Itinerary liburan ke Korea Selatan 10 hari 9 malam

Dalam memilih tempat tujuan wisata, apakah penting bagi seorang traveler mengetahui tempat yang hendak dikunjunginya? Sebagian bilang iya, dan sebagian bilang tidak. Karena ada juga yang memilih tempat liburan hanya berdasarkan negara yang ingin dikunjungi saja, kemudian memasrahkan itinerary dan tempat wisata berdasarkan paket wisata dari biro tours and travels. Tidak ada yang benar dan tidak ada yang salah mengenai pilihan ini, karena pada dasarnya seorang turis itu terbagi menjadi 2 kategori, yakni tipe koper atau tipe backpackers. Jadi semuanya tergantung kenyamanan diri masing-masing dalam menjalani liburan singkatnya…….

Berawal dari cerita seorang teman yang mendapatkan tiket pesawat full flight service dengan harga miring di travel fair di mall Kota Casablanca yang diadakan oleh berbagai biro travel agent & disponsori oleh salah satu bank terkemuka di Indonesia. Dia mendapatkan tiket ANA Air PP ke Jepang dengan harga hanya 3 jt/pax. Siapa tidak iri karena sewaktu trip saya ke Jepang kemarin menggunakan air asia saja sudah 3.4 jt/pax dan belum biaya bagasi, makanan & seat reservation, Dan itupun dibeli bahkan setahun sebelumnya. Karenanya timbul rasa penasaran untuk mencoba hunting tiket murah lewat travel fair.

Kesempatan pun muncul sewaktu iseng membaca koran bahwa akan diadakan Garuda Travel Fair di bulan Maret 2017. Tentu saja tanpa pikir panjang, kami datangi GATF di JHCC dan rela ikutan mengantri 3 jam lamanya demi memasuki tempat ini. Setelah berhasil masuk ke ruangan, mulailah kebingungan memilih negara yang hendak dituju untuk liburan kami berikutnya. Memang suatu kebodohan kami yang datang kesana tanpa punya rencana matang hendak membeli tiket pesawat tujuan kemana…..  Tadinya sempat berpikir untuk mencari tiket ke Taiwan, tapi rupanya Garuda tidak ada penerbangan yang kesana. Ditengah kebingungan kami terdengar sepasang anak muda yang saling bercerita tempat-tempat wisata di Korea Selatan. Entah latah atau gimana, tiba-tiba istri langsung tembak tempat wisata kita berikutnya adalah “KOREA SELATAN!!”  Dengan muka setengah bingung dan tangan menggaruk-garuk kepala, saya pun meng-iya-kan dan memesan tiket tersebut ke mbak travel agent disana. Alhamdulillah kami mendapatkan tiket Garuda Indonesia untuk penerbangan bulan Oktober 2017 dengan harga 3.7 juta/pax dan dapat cash back 1 juta. Lebih murah daripada tiket ke Jepang nih….. Padahal biasanya tiket ke korea Selatan itu biasanya lebih mahal daripada ke Jepang.

Dalam perjalanan pulang ke rumah, sayapun menanyakan kepada istri tercinta, “memang kamu mau kemana aja nanti di Korea?”. Dan dengan santainya dia menjawab “Enggak tau sama sekali, Kan biasanya Ayah yang bikin itinerary-nya……”.   Jiaahhhhhhhh………

Setelah tiket sudah ditangan, kita pun mulai browsing sana sini dan tanya mbah google mengenai destinasi wisata menarik di Korea Selatan. Dan mayoritas rekomendasi isinya adalah tempat wisata berdasarkan tempat syuting drama korea…..  Ada yang cerita “disini tempat si AA melamar si BB”, atau “disini tempat si CC minum kopi bersama si DD”, atau bahkan “disini tempat si EE mencium si FF”….. haha2……  Dan kesemuanya itu adalah tokoh-tokoh yang tidak ada satupun saya dan istri kenal sama sekali karena seumur-umur kita hanya nonton film Indonesia, mandarin, Jepang, dan barat saja. Sembari tersenyum, istri pun berkata kepada saya, “Rasanya kita harus mulai nonton film drakor (Drama Korea) nih…….”

Semenjak itulah kami mulai keracunan drama korea dalam masa persiapan liburan ke Korea Selatan nanti, supaya paling tidak kita ngerti dikit-dikitlah mengenai tempat wisata, kebudayaannya, makanan favorit, hingga aktor aktris populer di negara gingseng tersebut. Believe it or not, sejauh ini kami telah menyelesaikan drakor “Descendant of the sun”, “Goblin”, “Full House”, “My sassy girl”, “When a man falls in love”, “That winter, the wind blows” dan “My love from the star”. Bahkan sang istri pun sudah mulai punya tokoh aktor ganteng favoritnya, Song Seung-Heon & Song Joong-Ki, dan saya pun mulai tau aktris tercantik di Korsel, Kim Tae-Hee & Song Hye-Kyo. Haha2….

Dari hasil riset kami berdua, akhirnya tersusunlah itinerary perjalanan liburan ke Korea Selatan 10 hari 9 malam sebagai berikut:

Mudah-mudahan semua tempat wisata di itinerary bisa tercapai dan terlaksana yah…. Aamiiinnnn…….

Can’t wait to go there…… Stay tune ya guys……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *